Tips hindari kasir nakal saat belanja di minimarket

Tips hindari kasir nakal saat belanja di minimarket

Kasus kecurangan yang dilakukan kasir terhadap konsumen membuat masyarakat harus lebih berhati-hati saat berbelanja. Apalagi, kenakalan tersebut tak hanya sekali terjadi, banyak kasus curang yang dilakukan perusahaan ritel dengan menggenapi jumlah barang yang dibeli.

Bagaimana cara menghindarinya agar tidak menjadi korban?

ada beberapa cara agar seseorang tidak menjadi korban kasir atau retail nakal. Yang paling utama adalah perhatikan jumlah item yang dibeli sebelum keluar dari minimarket.

1. Mintalah struk bukti pembelian Anda, karena dengan tidak memberikan struk inilah kesempatan Kasir melakukan kecurangan.

2. sebelum meninggalkan toko, lihat struk dan hitung berapa item yang dibeli. apakah sesuai baik item maupun harga di struk.

3, Anda juga wajib mengecek harga, biasanya antara harga yang terpasang di rak (Price tag) tidak sama dengan yang tertera di komputer kasir. ini sering kali terjadi karena kelelaian karyawan yang tidak mengganti price tag padahal ada perubahan harga.

Kenapa Kasir di Minimarket sekarang sering melakukan Kecurangan?

1. Karena faktor tekanan, sekarang ini perusahaan ritel menerapkan peraturan penggantian oleh karyawan jika terjadi kehilangan barang di minimarket.
2. Gaya hidup saat ini, mengakibatkan seseorang menghalalkan segala cara untuk meningkatkan kebutuhan mereka.
3. Mulai hilangnya sifat kejujuran.
4. Pengaruh teman teman sekerja.

Ini salah satu strategi yang biasanya dilakukan kasir untuk melakukan kecurangan.

Siapa sasarannya ?

1. Konsumen yang berpasangan, terutama yang berpacaran.
2. Konsumen laki-laki
3. Keluaraga yang bawa anak.

Modus.

1. jika Anda belanja lebih dari 2 item, biasanya item yg ke 3 dan seterusnya itulah yang jadi sasaran kecurangan, misalkan anda belanja 2 pcs bisa di input 3 pcs atau lebih. nah dari kelebihan itu, mereka nanti akan jual lagi ke konsumen lain tanpa scan (duitnya mereka ambil atau untuk mengganti barang yg hilang), atau mereka pakai sendiri (misalkan minuman, mereka bisa minum product tsb tanpa bayar).
2. Modus yang kedua ini biasanya, anda beli barang yang lebih kecil atau harga yg lebih murah, tapi oleh kasir di input dengan barang yg ukuran lebih besar atau harga yg lebih mahal., dan masih banyak modus2 yg lain tentunya.

sekian dulu yg saya sampaikan mudah2an bermanfaat buat Anda. Selamat Berbelanja.

This entry was posted in Berita. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *