Kenapa Toko Modern itu Tutup?

Kenapa Toko Modern itu Tutup?
Seringkali kita lihat ada supermarket bahan bangunan atau supermarket/minimarket kebutuhan sehari-hari yang tiba-tiba TUTUP setelah beberapa hari beroperasi.
Apa yang terjadi?
Kita sangat senang ketika toko Ritel modern yang sudah lama di idam-idamkan sudah dilbuka dan pada saat awal buka ramanya bukan main..
Nah, apa yang menyebabkan supermarket atau Minimaket itu tiba-tiba tutup?
Ternyata pemilik tidak sadar bahwa harga-harga produk yang dijual banyak yang salah yang disebabkan pemilik tidak bisa menangani dan mengontrol supermarket atau minimarket itu.
Pemilik mengira sistem supermarket atau Minimarket sama dengan pengelolaan toko tradisional seperti yang selama ini dikelolanya. Dikelola sendiri dan ditangani sendiri tentu saja tidak masalah, tetapi bagaimana dengan toko yang modern pengunjung bebas mengambil barang sendiri tersebut? Apaladi di tambang dengan item barang yang lebih banyak, Pemilik tidak siap dengan kesalahan-kesalahan yang dibuatnya sendiri sehingga menyebabkan bangkrut.
Apa solusi mendatang apabila kita sedang ingin membuka ritel modern seperti itu?
Siapkan sistem manajemen yang rapi agar supermarket atau minimarket yang kita bangun ini ditangani oleh orang-orang yang memiliki fungsi sesuai dengan pekerjaannya. Jangan bertindak pelit dengan merangkap pekerjaan menjadi satu. Kita bukan Superman yang celana dalamnya diluar dan orang yang sempurna. Kita perlu istirahat dan tidak bisa bekerja sepanjang hari dan dengan waktu yang tidak ada istirahatnya. Pemilik ritel modern itu telah lalai memberikan harga-harga di produknya sehingga diborong oleh pemilik toko lainnya. Kalau bisa mintalah bantuan konsultan yang akan membantu toko ritel modern kita menjadi toko modern yang sedemikian rupa diatur mulai buyer, marketing, Merchandiser, customer service, delivery service, ware house dan lain-lainnya.
Jangan lakukan launching secara besar-besaran. Buatlah soft opening terlebih dahulu, sebab karyawan kita semuanya sedang belajar, sehingga dengan soft lopening karyawan menyesuaikan diri dengan keadaan. Tidak perlu ritel modern kita langsung ramai, meledak dan kemudian bangkrut karena adanya aksi borong. Atau orang kecewa karena harganya kemahalan. Tetapi pelan tapi pasti ritel modern kita bisa berjalan dengan baik.
Apabila sudah oke, buatlah launching sesungguhnya, dengan mengadakan Grand Opening. Pada saat inilah kondisi karyawan semua sudah siap, baik secara layanan, pemberian harga, pengiriman dan lain-lain. Sehingga apabila ada kesalahan segera bisa dikoreksi dengan baik. Nah, pengaturan seperti ini tidak bisa dilakukan sendiri tetapi perlu dukungan seorang konsultan ritel yang berpengalaman yang dapat membantu secara manajemen mulai dari kategori produk, sistem manajemennya, software ritelnya, sampai dengan operasional dan pencarian SDM-nya. Apabila bapak ibu membutuhkan konsultan yang seperti ini, dapat hubungi kami di no Hp 081327649999 atau email tanyaiswarin@gmail.com

This entry was posted in Artikel. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *