Tren Positif Bisnis Minimarket

Mengerek Tren Positif Bisnis Berkonsep MART

Majalah Pengusaha edisi 12 Desember 2010 ” Mengerek Tren Positif Bisnis Berkonsep MART”
Ya diatas adalah judul majalah Pengusaha Indonsesia edisi Desembe 2010, dan kalau kita baca Laporan Utamanya adalah ” Gurihnya mengelola bisnis Minimarket”., isinya gak lain adalah konsep bisnis modern yang berkonsep Minimarket dan peluangnya.
Artinya apa bahwa bisnis Minimarket masih menjadi bisnis retail yang Trend, tinggal bagaimana kita mengembangkan konsep nya lebih modern dan lebih Canggih. sehingga bisa menciptakan pengalaman berbelanja yang berbeda dan menyenangkan.
Namun sangat menyedihkan adalah peluang bisnis yang begitu besarnya di tanah air ini hanya dikuasai oleh beberapa minimarket yang kita kenal dan  namanya sudah tidak asing di telinga kita  . Siapa mereka yang tak lain adalah untuk lokal  Alfamart, Indomaret, Yomart, untuk peritel asing Circle K dan 7 Eleven. terus pertanyaannya kenapa yang lain tidak di kenal, jawaban yang sangat sederhana adalah karena jumlah outletnya rata-rata hanya 1 doang alias gak punya cabang.
Kenapa mereka gak buka cabang padahal tokonya rame, biasanya mereka tidak punya sistem.
Kenapa orang lebih suka mengambil Franchise? Karena kebiasan orang kita lebih seneng yang instant, dan kebanyakan orang beranggapan bahwa franchise lebih menjanjikan keuntungan dan aman untuk investasi. makanya tidak heran jika bisnis Franchise sangat disukai di Indonesia.

Saya pernah coba ngitung biaya investasi jika kita bikin sendiri di banding dg Franchise, Kalau Franchise dg biaya investasi yang sama hanya bisa buka 1 outlet namun kalau bikin sendiri bisa buka 2 outlet.
Ada beberapa temen nanya saya baik via email maupun pada saat di kelas, apa keuntungan dan kerugian kalau kita ambil franchise atau buka sendiri? Saya jawab lebih seneng jangan ditanyakan kesaya, tapi tanyakan saja pada keyakinan diri kita sendiri, karena untung rugi itu adalah resiko sebuah bisnis, tidak ada yang bisa menjanjikan bisnis pasti berhasil dan sukses..
Di beberapa kota pernah saya temui toko franchise lebih sepi di banding toko independent, dan itu bersebelahan, tapi ada juga toko independent yang tadinya rame terus di sampingnya buka toko franchise, toko independennya jadi sepi.

Bagi temen-temen yang ingin terjun di bisnis ini silahkan, tahun 2011 bisnis Retail peluangnya masih bagus dan masih menjanjikan, tinggal silahkan pilih mau franachise dengan investasi lebih besar atau buka dengan merk sendiri, investasi lebih ringan dan punya kesempatan untuk di_franchise_kan.
Persaingan sehat

This entry was posted in Artikel. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *