MASA DEPAN PERITEL INDEPENDEN

Lanjutan MASA DEPAN PERITEL INDEPENDEN

Bisnis eceran/perdagangan eceran atau sering kita sebut dengan Bisnis Ritel, sudah ada sejak jaman nabi dahulu , seiring berkembangnya jaman dan kemajuan tehnologi, bisnis perdagangan eceran ini semakin diminati oleh masyarakat.

Sebenarnya  memulai bisnis perdagangan eceran (Minimarket) tidaklah sulit, asalkan ada niat, keberanian dan modal, maka impian untuk membuka minimarket sendiri bisa  diwujudkan. Tak dapat di pungkiri lagi kalau dari hari ke hari, bisnis minimarket terus berkembang, dari kota besar hingga ke pelosok pedesaan, minimarket dapat mudah ditemukan, tak heran jika semakin banyak orang yang ingin Bisnis yang tahan resesi ini.

Sebenarnya bisnis ritel yang dikelola sendiri (independen) lebih tahan banting ketimbang bisnis ritel yang sudah merupakan rantai store (chain store), kalau kita amati setelah masuknya peritel Raksasa seperti carefour, yang pada tumbang justru supermarket, seperti TOP, Mega Retai, Gelael, bahkan beberapa Hero juga tutup. Artinya dengan masuknya peritel Raksasa itu adalah ancaman buat Supermarket, bukan buat Mini market atau toko yang dikelola sendiri.  Di  Batam telah banyak berdiri retail independent yang berbentuk mini market, seiring masuknya Hypermart ke Batam yakni di Mega Mall dan Nagoya Hill, dari situlah justru menurut pengamatan saya, bisnis mini market makin marak, contoh yang paling gampang adalah daerah Eden park, pada th 2007 itu mini market cuma ada 2, satu di Golden lane dan satu nya lagi di centre park, kemudian di tahun 2008  bertambah menjadi 6 mini market, padahal jumlah Rukonya kalau tidak salah cuma 50 unit, bayangkan hanya dalam waktu 1 tahun sudah nambah 5 toko. Kita menuju ke  Mega Legenda, Legenda Malaka dan Legenda Bali, ini sebenarnya beda komplek tapi satu arah jalan dan berdampingan, sama dengan daerah eden pak yaitu pada tahun 2007 jumlah mini market ada 4, dan itu hanya ada di Legenda Malaka saja, dan sampai akhir th 2008 jumlah nya mencapai lebih 10 mini market dan tidak hanya ada di legenda malaka saja tapi, sudah merambah di legenda Bali, Hang lekir dan Mega Legenda, LUAR BIASA, dan pertumbuhan ini tidak hanya terjadi di Batam Kota saja bahkan di daerah seperti Tanjung Piayau mini market banyak kita temukan di setiap gang.. Jadi kesimpulannya adalah bisnis Ritel saat ini sedang berkembang pesat terutama mini market.
Nah problemnya para pemilik mini market ini cara mengelola tokonya masih konvensional, mereka belum mengadopsi system retail modern yang sudah di kembangkan oleh para pemain ritel besar. Terus  agar  peritel Independen dapat tersenyum kembali adalah mereka  harus segera Men SYSTEM kan bisnis mini marketnya dengan SYSTEM RETAIL MODERN, sehingga bisnis mini marketnya bisa berkembang dan dapat bersaing dengan peritel berskala nasional.

Beberapa  Eelemen yang kurang di pahami oleh para peritel independen adalah mengenai pemilihan Lokasi, Men_Design Toko, membuat Standard Operating Procedure, IT (pemakaian Software), Marketing dan Promosi.

5 elememen  penting ini lah yang sering menjadi dampak pada merosotnya bisnis minimarket mereka yang berujung pada penutupan bisnis tersebut.

Menyikapi hal tersebut diatas maka sudah menjadi kebutuhan yang mutlak bahwa peritel independen untuk segera mendapatkan  pelatihan, dan pelatihan yang  dalam waktu dekat ini akan diadakan adalah Workshop Retail Management.

Kenapa harus Workshop Retail Management?

Karena Workshop ini akan membantu anda untuk memulai bisnis Retail modern, dengan mengajarkan dan menjelaskan secara detail mengenai 5 elemen penting dalam bisnis retail  modern, Bagaimana memilih lokasi yang tepat, bagaimana mendesign  toko, juga dilengkapi dengan contoh – contoh design toko, dari pembuatan lay out sampai pembuatan anggaran, bagaimana cara mempromosikan usaha retail anda, bagaimana meningkatkan penjualan, juga dilengkapi contoh SOP yang sudah biasa di gunakan retailer modern di Indonesia, kemudian yang tidak kalah pentingnya adalah bagaimana anda memiliki Software POS rritel yang sudah terintegrasi, yang dapat mempermudah pekerjaan kita, serta dapat memberikan report2 yang di perlukaan, sepert membuat PO otomatis, laporan rugi laba dan  juga jaringan  yang memungkinkan  toko anda terhubung langsung dengan cabang lainya.

Untuk yang berminat mengikuti Worksop dapat menghubungi :

WA 0813 2764 9999 – 081277159999

This entry was posted in Berita. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *